Sueger Fam Trip 2019 Bersama Para Blogger Nusantara

Jelang keberangkatan dan Persiapan

Beberapa bulan lalu, saya baca email tentang terpilihnya saya untuk menjadi salah satu peserta SUEGER FAM TRIP 2019, bersama 20 blogger lainnya dari seluruh Indonesia.

Seneng banget pasti, karena yang daftar untuk ikut acara Sueger Fam Trip 2019 ini banyak sekali. Semakin tambah senang karena ternyata ada 4 orang dari Jakarta yang saya kenal. Langsung saja saya bikin grup Whatsapp untuk kami berempat.

Sueger Fam Trip 2019

Sueger Fam Trip 2019 merupakan acara yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Jember yang menggandeng Komunitas Blogger Jember Sueger. Kegiatan ini sendiri sudah pertama kali dilaksanakan tahun lalu, yaitu tahun 2018.

Sueger Fam Trip 2019 sendiri dilaksanakan untuk lebih memperkenalkan aneka budaya, wisata dan kuliner yang terdapat di darah Jember. Sehingga ada akhirnya orang tidak hanya mengenal Jember dengan Jember Carnaval Festivalnya saja.

Seru dan menariknya acara tahun lalu, membuat membludaknya blogger dan vlogger dari seluruh Indonesia yang mendaftar untuk mendapatkan kuota 20 orang tersebut, yang nantinya akan bergabung dengan 10 blogger dari daerah Jember.

Rangkaian Agenda Sueger Fam Trip 2019

Acara Sueger Fam Trip 2019 ini berlangsung dari tanggal 22-24 Juni 2019 dan dari agenda yang tercantum dalam email sudah terbayang betapa serunya perjalanan dari Sueger Fam Trip 2019 tersebut.

Nah, di bawah inilah rangkaian agenda kami selama 3 hari 2 malam di Kota Jember, yang tertera di email konfirmasi yang saya terima.

Hari Pertama : 22 Juni 2019

Hararu Japanese Food Jember
Ini adalah lokasi pertama yang dikunjungi oleh seluruh peserta. Semacam sambutan kecil dari panitia, sambil menikmati makanan ringan dan melepas lelah, karena lokasi hotel ini letaknya persis di depan Stasiun Jember.

Warung Kembang
Kunjungan berikutnya adalah Warung Kembang. Di sini kami beristirahat, mandi dan makan siang. Tempat ini cukup besar dan lengkap. Sering dipakai untuk acara-acara besar juga.

Puslit Koka Indonesia
Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (Puslit Koka) merupakan lembaga penelitian dan pengembanggan komoditas kopi dan kakao secara nasional. Merupakan yang terbesar dan satu-satunya di Indonesia

Pantai Pasir Putih Malikan (Pantai Papuma)
Pantai Pasir Putih Malikan (Pantai Papuma) adalah salah satu pantai dengan pemandangan terbaik di Jember. Seluruh peserta menginap di salah satu resort yang ada di sini. Selain menikmati suasana pantai, peserta juga bisa menikmati sunset sekaligus sunrise di sini, serta aktifitas nelayan di dini hari,

Hari Kedua : 23 Juni 2019

Watu Ulo Pegon Parade 2019 (Waton)
Salah satu acara inti dari Sueger Fam Trip 2019 ini adalah seluruh peserta diundang secara langsung untuk mengikuti acara Waton (Watu Ulo Pegon Parade 2019). Acara ini merupakan acara pertama yang diselenggarakan secara resmi oleh Pemkab Jember yang diselenggarakan di Pantai Watu Ulo, setelah sebelumnya dilaksanakan secara swadaya oleh masyarakat.

Wisata Agro Rayap Kebun Renteng
Wisata Argo Rayap Kebun Renteng biasa disebut Kebun Kopi Rayap. Di sini, peserta akan melihat proses pengolahan Kopi Robusta, mulai dari penggorengan (pengeringan) kopi sampai dengan uji coba rasa Kopi Robusta.

Hotel Rembangan
Hotel Rembangan adalah sebuah hotel yang terletak di Puncak Rembangan, yang merupakan dataran tertinggi di Kabupaten Jember. Seluruh peserta akan menginap di Hotel Rembangan. Salah satu hotel dengan pemandangan terbaik untuk menikmati kota Jember dari ketinggian dan pegunungan di sekitarnya.

Hari Ketiga : 24 Juni 2019

Museum Tembakau dan Perpustakaan
Kunjungan ke UPT Pengujian Sertifikasi Mutu Barang dan Lembaga Tembakau Jember (UPT PSMB LT Jember) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur yang didalamnya terdapat Museum Tembakau dan Perpustakaan.

BIN Cigar Factory
BIN Cigar Factory adalah tempat produksi cerutu terkenal di Kabupaten Jemberyang telah memproduksi ribuan bahkan jutaan batang cerutu yang di ekspor keluar negeri. Seperti Cina, Jepang, Turki, Polandia dan masih banyak lainnya.

Warung Nasi Gudeg Lumintu
Warung Nasi Gudeg Lumintu tempat para peserta makan siang ini sudah melegenda sejak berjualan di Bondowoso di tahun 1968. Gudeg Lumintu ini beda rasanya, tidak terlalu manis seperti gudeg pada umumnya

Persiapan Menjelang Sueger Fam Trip 2019

Nah kan… seru banget pasti. Dari agendanya sudah kebayang, bakal seperti apa perjalanan kami nanti.

Lantas seperti biasa, setelah membuat grup koordinasi di Whatsapp untuk kami peserta dari Jakarta maka saya pun membuat beberapa persiapan agar perjalanan kami tersebut lancar.

1. Cari informasi detail semua destinasi yang akan dikunjungi.

Ya, hal ini penting sekali. Zaman sekarang informasi bisa kita dapat dari mana saja.
Melalui artikel yang terdapat Google, saya mencari info tentang kondisi masyarakatnya, sejarahnya, hal-hal yang paling menarik di tempat tersebut, pantangannya dan pendapat orang lain tentang tempat tersebut.

Dari Instagram, biasanya dipakai untuk referensi spot photo dan sudut dalam pengambilan photo.

2. Cari Tiket yang paling murah, nyaman dan ada promonya

Bagi kami para Blogger, waktu perjalanan terkadang memang tidak terlalu menjadi kendala. Apalagi kami berangkat beramai-ramai dan saling kenal satu sama lain pula.

Oleh sebab itu kami memutuskan untuk memakai kereta api.

Ternyata kereta api untuk sampai ke Jember itu ada 2 jalur. Kami memutuskan untuk memakai jalur dari Utara via Surabaya lantas lanjut ke Jember dengan menggunakan kereta api pula.

Seperti biasa saya yang diminta oleh teman-teman untuk pesan tiket kereta api. Lantas langsung saya buka aplikasi Pegipegi untuk beli tiket tiket kereta api online. Kebetulan baru saja saya upgrade aplikasinya.

Pegipegi memang aplikasi wajib bagi saya untuk memesan tiket pesawat dan kereta api. Hal ini karena Pegipegi memberikan fasilitas dan keuntungan di bawah ini untuk saya :

• Banyak promonya (ini penting)
  • Bayarnya gampang, bisa pakai semua jenis pembayaran online, ke gerai minimarket dll
  • Harga tiket kereta api gampang untuk dilihar dan dibandingkan
  • Hemat waktu
  • Bisa pilih kursi
  • Lebih aman dari pada beli ke stasiun
  • Menghindari resiko tiket hilang

Akhirnya, setelah mendapatkan jadwal kereta api yang kami inginkan, saya pun memesan tiketnya. Tiket pun tersedia , tinggal print di stasiun. Lantas kami pun siap berangkat.

3. Siapkan Kostum

Setelah mendapatkan informasi lengkap tentang daerah yang akan kami kunjungi, maka kami pun sepakat untuk menyiapkan beberapa pakaian yang sesuai dengan tempat dan acara. Supaya enggak salah kostum … hehehehe… dan yang terpenting, supaya semua photonya nanti bagus-bagus.

Eka Siregar

Halo.. panggil Bang Eka aja ya.. pada dasarnya saya senang jalan-jalan, makan dan mengerjakan atau mencoba hal-hal baru. Nah, di sini saya coba bagi ke teman-teman apa-apa yang telah saya lihat, dengar, dan rasakan sendiri. Silahkan dibaca-baca ya..