Home / ARTICLE / Pemerintah melalui PLN Terangi Negeri, Mungkinkah?

Pemerintah melalui PLN Terangi Negeri, Mungkinkah?

Direktur Utama PLN Bapak Sofyan Basir, di hadapan para penggiat Medsos

Zaman sekarang ini listrik sudah jadi kebutuhan utama. Secara pribadi, kemana-kemana selalu cari tempat untuk nge-charge handphone. Di rumah, hampir semua perlengkapan rumah tangga menggunakan listrik. Di lingkungan tempat kita berada, di mana-mana kita menemukan listrik dan alat-alat yang menggunakan listrik.

Listrik sudah bukan hanya jadi alat bantu saja, bahkan sudah jadi alat untuk mempercepat segala hal. Untuk skala yang lebih besar, negara misalnya, tanpa listrik, daerah dalam suatu negara dianggap terbelakang.

Mengingat hal tersebut, sejak tahun 2015 pemerintah sudah mencanangkan program-program yang keren melalui PLN. Info ini saya dapat saat berkesempatan hadir di acara “Buka Puasa Bersama PLN dengan Penggiat Medsos”.

Indonesia Tidak Defisit Listrik Lagi

Target pemerintah agar Indonesia akan “Terang” di 2019 sepertinya akan segera terwujud. Hal ini terlihat dari progres ketersediaan daya listrik di berbagai daerah di Indonesia.

Jika dibandingkan dengan tahun 2015, maka sejak 2017 cadangan daya di Indonesia rata-rata sudah lebih dari 30%, hanya di beberapa tempat di Sumatere, Sulawesi dan Irian saja yang cadangannya kurang dari 30%, akan tetapi itupun sudah tidak defisit. Artinya masih ada daya ketika daerah tersebut berada pada posisi beban puncak.

Listrik untuk Desa (LISA)

Upaya pemerintah untuk menerangi negeri benar-benar gencar, melalui program LISA, sejak tahun 2015, sudah lebih dari 6000 desa baru yang dialiri listrik. Desa-desa tersebut adalah desa dengan karekteristik yang sulit aksesnya dan juga biayanya tidak murah. Total listrik yang sudah dialiri lisrik sampai dengan tahun 2018 adalah sebanyak 76.152 desa.

Tentu saja upaya ini tidak mudah. Target pemerintah adalah desa-desa di daerat 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal), oleh sebab itu perlu usaha yang luar biasa dan ini semua telah dilakukan oleh PLN.

eka siregar listrik pln indonesia terang
Usaha PLN menerangi seluruh negeri. (Sumber: Dokumentasi PLN)

 

eka siregar listrik pln indonesia terang 1
Medan yang tidak biasa jadi tantangan tersendiri (Sumber: Dokumentasi PLN)

 

eka siregar listrik pln indonesia terang 2
Sumber: Dokumentasi PLN

Pengembangan Infrastruktur dan Kelistrikan

PLN meyakini bahwa Listrik merupakan garda terdepan dalam pembangunan dan penggerak ekonomi Indonesia sehingga harus selalu tersedia di awal sebagai peritis pembangunan.
Selain menerangi daerah-daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal, saat ini PLN bekerja menerangi Nusantara melalui berbagai program strategis, di antaranya Program 35.000 MW

Usaha pemerintah dalam menerangi daerah pedalaman (Sumber: Dokumentasi PLN)

Program 35.000 MW ini meliputi pembangunan pembangkit sebesar 35.714 MW, transmisi 46,904 kms, dan gardu induk 110.329 MVA. Sampai dengan April 2018, progres konstruksi pembangkit telah mencapai 17.192 MW dari total  pembangkit yang akan dibangun dan telah ditandatangani kontrak untuk 31.974 MW.

Energi Baru Terbarukan (EBT)

EBT berasal dari energi panas bumi, air, angin, biomassa, biogas, surya, sampah, dan lain-lain. Sampai dengan tahun 2017 ada sekitar 6.371 MW EBT yang terpasang. Ini berarti sudah 12% dari 23% target EBT terpasang tahun 2026. Selain itu sudah ditandatangani pula kontrak EBT sebesar 1.210 MW pada tahun 2017.

Ada beberapa catatan penting dan menarik tentang pengembangan EBT ini :

• Pengembangan pembangkit EBT tetap memperhatikan keseimbangan supply–demand, kesiapan sistem dan keekonomian.

• PLN akan memanfaatkan sumber energi terbarukan dari jenis energi aliran dan terjunan air, energi panas bumi (termasuk skala kecil/modular), biofuel, energi angin, energi sinar matahari, biomassa dan sampah, dll serta mendukung upaya RE-BID (Renewable Energy Based on Industrial Development)

• Khusus mengenai PLTS, dilakukan mengembangkan centralized PV untuk melistriki banyak komunitas terpencil yang jauh dari grid pada daerah tertinggal, pulau-pulau terdepan yang berbatasan dengan negara tetangga dan pulau- pulau terluar lainnya.

• PLTS hybrid dengan PLTD atau menggunakan baterai. Strategi ini diprioritaskan untuk daerah yang jam nyala-nya rendah (di bawah 12 jam/hari), umumnya di Indonesia Timur

• Pengembangan Micro grid untuk daerah-daerah isolated. Daerah yang dalam 2-3 tahun kedepan belum direncanakan untuk dibangun distribusi atau pembangkit thermal kecil, diusulkan untuk menggunakan PLTS.

Peningkatan Keuangan, Kontribusi pada Pemerintah, dan Efisiensi

Revaluasi aset PLN pada tahun 2015 pada akhirnya menjadikan PLN mempunyai kapasitas pendanaan untuk merealisasikan Program 35.000 MW. Total aset meningkat sebesat 227% atau bertambah  Rp. 650 T.

Dibandinkan dengan Peningkatan (Tambahan) Investasi, tambahan pinjaman PLN cukup rendah.  Tahun 2015 – 2017 tambahan pinjaman sebesar Rp. 83,6 T sedangkan Penyerapan Investasi sebesar Rp. 190,7 T.

eka siregar listrik pln indonesia terang 14
Sumber: Dokumentasi PLN

Selama tiga tahun terakhir (2015 – 2017), PLN berhasil memberikan kontribusi fiskal kepada negara sebesar Rp. 239,5 T yang terdiri dari peningkatan pajak dan deviden sebesar  Rp. 96 T dan penghematan subsidi sebesar  Rp. 143,5 T

Selain itu, PLN juga berhasil meningkatkan efisiennya pada penggunakan bahan bakar, perbaikan penyusutan jaringan dan lain-lain. Sebuah prestasi dan pekerjaan yang tidak main-mainn

PLN Enggak Main – Main

Usaha PLN saat ini memang enggak main-main. Banyak sekali hal-hal mengenai kerja mereka ini yang belum tersosialisasikan, sehingga kita sering kali komplain. Mati listrik sebentar saja langsung marah-marah, padahal hal ini terjadi semata-mata karena ada usaha perbaikan dan perawatan, bukan karena kekurangan daya listrik. Melihat bekas galian listrik yang jelek, langsung menuduh yang bukan-bukan ke PLN, padalah bisa saja itu karena kerja kontraktor yang enggak benar.

Nah… lagipula seandainya punya kita mau komplain, sekarang PLN sudah punya aplikasi yang khusus dibuat untuk para nasabahnya. Aplikasi tersebut adalah PLN Mobile. Namun ini bukan aplikasi untuk komplain saja sebenarnya. Aplikasi ini bisa untuk mendapatkan berbagai info tentang PLN, tentang listrik di rumah kita, cara pasang daya, dan lain-lain. Cukup canggihlah pokoknya.

PLN Terangi Negeri

Pada akhirnya, ayo mari kita bersama-sama berdoa, agar upaya PLN dalam menerangi negeri bisa berhasil dan terwujud sesuai dengan yang direncanakan untuk kebaikan dan kemajuan bangsa kita.

Aamiin.

About Eka Siregar

Halo.. panggil Bang Eka aja ya.. pada dasarnya saya senang jalan-jalan, makan dan mengerjakan atau mencoba hal-hal baru. Nah, di sini saya coba bagi ke teman-teman apa-apa yang telah saya lihat, dengar, dan rasakan sendiri. Silahkan dibaca-baca ya..

Check Also

Menyelam dan menyelami

Menyelam dan menyelami adalah dua hal yang sangat saya suka dalam hidup saya. Baik dalam …

Membawa Power Bank dalam Pesawat Enggak Dilarang, Tapi Ada Aturannya

Di jaman yang serba gadget, keberadaan Power Bank sangatlah vital. Fungsinya, tentu saja untuk mengisi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: