Home / REVIEW / Hotel / Maharani Guest House Tebet Jakarta, Hotel Lowbudget yang Keterlaluan

Maharani Guest House Tebet Jakarta, Hotel Lowbudget yang Keterlaluan

Bukan lagi ada kalanya. Karena kita memang butuh parkir sejenak untuk melakukan semua perenungan. Dan di saat seperti itu jiwa butuh yang tak biasa. Yang lain dari semua kehidupan yang klise.

Kira-kira apa yang kita lakukan kalau kita dapat jatah libur Long Weekend? Aha… pasti banyak rencana yang langsung bermunculan di pikiran. Begitu juga saya. Di saat sedang merasa bosan nge-trip karena hampir setiap Sabtu dan Minggu ikut trip di salah satu komunitas, datangnya tawaran seorang teman untuk staycation di salah satu Guest House di Jakarta seolah jadi penyelamat long weekend saya.

Jadilah saya langsung pergi ke guest house tersebut keesokan harinya. Dan untuk kota seperti Jakarta, KRL  adalah satu-satunya transport paling ampuh untuk melawan macetnya Ibukota. Kebetulan guest house yang saya tuju letaknya cukup dekat dengan Stasiun Kereta. Jadi gampang dijangkau pakai KRL. Tinggal lanjut pakai Ojek On-Line saja sekitar 5 ribu rupiah dan sampailah.

MAHARANI GUEST HOUSE TEBET

Maharani Guesthouse Tebet (tampak depan)

Maharani Guest House Tebet (MGT) terletak di jalan Kebon Baru II no 8 Tebet. Dekat sekali dari Stasiun Cawang. Bahkan kalau berjalan kaki cukup 8 menit saja (sekitar 650 meter). Meski tidak berada di pinggir jalan utama, MGT cukup mudah dijangkau. Berada di lokasi pemukiman yang nyaman, dan gampang kalau mau ke berbagai pusat kuliner/nongkrong Tebet yang terkenal.

Dan, benar saja. Sama sekali enggak ada kesulitan untuk ke MGT. Saat saya tiba, terlihat sebuah guest house  dengan gaya desain rumah Mediterania. Ada 1 lonceng unik yang tergantung di pintu pagar. Dari luar saya sudah membayangkan, kalau saya bakal istirahat dengan nyaman di tempat yang terlihat teduh ini.

Dari info yang saya baca sebelumnya Maharani guest house menerapkan konsep menginap, bekerja, dan berkolaborasi. Ada 2 tipe kamar yang disiapkan, yaitu dorm (bunkbed) dan (kamar deluxe dan suite). Saya sendiri memilih kamar yang deluxe. Hmm… jadi penasaran untuk segera masuk.

Enggak berapa lama setelah memainkan lonceng yang tergantung. Mas Ridwan yang mengelola tempat ini pun keluar. Senyuman dan sambutannya ramah, tapi sama sekali enggak sama dengan ramahnya door boy  atau resepsionist hotel kebanyakan. Tulus dan terlihat humble. Nah, sudah 1 point plus nih. Pasti bakal betah dah

NYAMAN, MENENANGKAN

Collaboration Room (Ruang berkumpul, bekerja dan makan)

Waktu saya masuk, saya mendapatkan suasana yang Homey banget. Konsep rumahnya menyatu dengan halaman terbuka yang hijau. Terlihat menentramkan dan akan membuat kita nyaman duduk-duduk santai, bekerja di sini. 

Ruangan berkumpulnya cukup luas — dengan  1 set sofa, bean bed, dan sofa bed — yang langsung digabungkan dengan ruang bekerja dan meja makan. Sepertinya memang benar-benar diperuntukan untuk kita bersosialisasi dengan tamu lainnya dan bahkan mungkin untuk menemukan inspirasi baru.

Ruang berkumpul langsung menghadap taman
Taman halaman belakang.

Ruang berkumpul ini pun langsung berhadapan ke taman. Taman ini juga cocok sekali kalau kita mau bikin acara “bakar-bakar” untuk tahun baru atau acara lainnya.

Pada saat saya datang, ternyata teman yang mengajak saya untuk datang sudah hadir pula duluan. Bersama beberapa teman blogger ternyata mereka sudah 1 malam berada di sana. Beberapa sedang melakukan pemotretan, ada juga yang lagi bikin vlog.

Tipe kamar suite. Bisa untuk 4 orang dan langsung menghadap ke taman

Nah, ini ada Vira yang lagi difoto ala-ala, di kamar Suite yang muat untuk 4-6 orang. Cocoklah untuk 1 keluarga nih. Harga permalamnya cuma 225 ribu  rupiah (ada diskon 50% sampai akhir tahun 2017). Murah  bangetkan? Fasilitasnya juga oke. Uffff …. Ya kali gak kuy …

Tipe kamar Bunkbed. Ini kamar bunkbed untuk perempuan.

Baru aja ditinggal sebentar ke toilet, Vira sama Lulu — salah satu teman Vira — sudah ada di kamar type Bunkbed yang khusus untuk perempuan. Di kamar ini ada 3 kasur. Sedangkan di kamar bunkbed untuk laki-laki ada 3 set bunkbed untuk 6 orang. Di setiap dinding di samping tempat tidur ada sumber arus listrik. Sprei dan selimutnya pun halus. Hahaha.. maaf norak dikit.

Total ada 1 kamar Suite (Rp. 450.000,-), 2 kamar Deluxe (Rp. 200.000,- s.d. Rp. 250.000,-) dan 2 kamar Bunkbed (Rp.90.000,- s.d Rp.110.000,-). Untuk toilet, hanya di kamar Suite yang toiletnya ada di kamar. Yang lainnya harus dipakai bersama-sama.

Setiap kamar, tidak Disediakan TV dan meja untuk bekerja. Hanya ada satu TV di ruangan tengah, dan 2 meja kerja bersama di lantai 2 dan di bawah. Hal ini sesuai dengan tujuan dari MGT yaitu tempat untuk menginap, bekerja, dan berkolaborasi, sehingga tamu dapat melakukan aktivitas menemukan inspirasi atau menyelesaikan pekerjaan di satu tempat bersama kawan baru.

STAYCATION

Staycation adalah niat awal saya datang ke guest house ini. Staycation memang lagi hits di kalangan anak muda belakangan ini. Datang ke satu tempat yang lengkap fasilitasnya. Dan beraktifitas hanya di tempat itu. Selain murah. Jika dilakukan bersama teman-teman, kita bisa sambil reuni atau mengerjakan sesuatu yang seru dan bermanfaat. Staycation enggak harus keluar kota. Yang penting bukan di rumah sendiri walaupun itu sah-sah saja. Hehehe…

Tempat asyik untuk bekerja bersama. Berbagi dan bertukar ilmu.

Nah, Staycation saya kali ini, selain menyenangkan juga sangat sangat bermanfaat buat saya. Banyak sekali ilmu yang saya dapat dari teman-teman blogger saya. Selama 2 hari, benar-benar saya manfaatkan untuk menyerap ilmu-ilmu mereka. Terima kasih Derus, Achi, Aris, Vira, Bela, Doel.

Dengan fasilitas WIFI-nya yang “kencang”, MGT benar-benar surganya para blogger. Semua betah berlama-lama di meja kerja. Kalau pun berhenti bekerja, semua pada buka Youtube atau Instagram dan ketawa-ketiwi ngomenin foto-fotonya.

Saking betahnya kami di MGT, kami sampai pulang Maghrib. Padahal seharusnya kami sudah harus pulang jam 2 siang. Hahaha… maaf ya Mas Ridwan.

10 HAL AGAR STAYCATION ANDA SERU TANPA KELUAR RUMAH/HOTEL

  1. Undang teman-teman Anda, suruh masih-masing bawa makanan atau yang diperlukan saat berkumpul.
  2. Camp di halaman rumah
  3. Buat pesta di halaman
  4. Jajan bareng di sekitar
  5. Keliling kampung atau area sekitar rumah/hotel
  6. Nonton film bersama di rumah/hotel
  7. Masak bersama
  8. Melakukan kegiatan seni atau buat karya seni bersama
  9. Olah raga bersama
  10. Tidur-tiduran atau bercanda di kasur.

TIPS TINGGAL DI HOTEL LOWBUDGET

Biasanya yang namanya Guest House atau  Hotel Lowbudget itu banyak penggunanya, dan hampir 99% tidak  memberikan pelayanan khusus/pribadi kepada penggunanya. Oleh sebab itu banyak yang merasa “ribet” atau mungkin tidak nyaman saat tinggal di tempat tersebut.

Agar tetap senang dan nyaman, berikut beberapa hal yang sering saya lakukan.

  1. Mematuhi aturan dari Guest House tersebut.

Agar semua senang dan nyaman, cobalah untuk mematuhi semua peraturan yang ada. Saya yakin, semua peraturan yang dibuat itu pasti untuk kesenangan dan kenyamanan bersama. Jangan biarkan ada orang lain yang menegur kita karena kita melanggar aturan. Dan biasanya, aturan tersebutpun adalah aturan yang standart, sesuai dengan norma-norma umum. Jadi, kalau kita tergolong orang yang enggak umum, suka melanggar norma-norma umum — ya sudah pasti — tidak cocok untuk tinggal di sini.

2. Berbicara dengan pengguna yang lain.

Kecuali kita memang ingin sama sekali tidak diganggu oleh orang lain, maka cobalah untuk menyapa pengguna/tamu guest house yang lain. Cobalah untuk berbicara dengan mereka. Pasti banyak sekali hal-hal baru atau keasyikan lain yang bisa didapatkan. Ini yang sering saya lakukan, dan saya selalu dapat banyak hal baru dari ini.

3. Serba rela

Karena kita tidak dilayani secara khusus dan tinggal bersama dengan pengguna lain, “perbesar hati” Anda. Ikhlas, rela dan senang menolong jadi kunci utama. Rela berbagi ruang bahkan mungkin cemilan, ikhlas membantu membereskan meja atau senang membantu mematikan lampu kamar bersama, adalah contoh-contoh yang harus dilakukan dengan tulus. Saya percaya, inilah sumber kebahagiaan yang hakiki.

Mungkin itu yang saya bisa bagi ke teman-teman, pengalaman staycation di Maharani guest house Tebet, Jakarta. Hanya 1 kalimat yang bisa menyimpulkan semuanya, yaitu : “Maharani Guest House, Hotel Lowbudget yang Keterlaluan.” Murah, Homey dan Seru!!

 

Lokasi Maharani Guesthouse Tebet

Maharani Guest House Tebet
Jl. Kebon Baru II No 8, Tebet, Jakarta Selatan

About Eka Siregar

Halo.. panggil Bang Eka aja ya.. pada dasarnya saya senang jalan-jalan, makan dan mengerjakan atau mencoba hal-hal baru. Nah, di sini saya coba bagi ke teman-teman apa-apa yang telah saya lihat, dengar, dan rasakan sendiri. Silahkan dibaca-baca ya..

Check Also

Pemerintah melalui PLN Terangi Negeri, Mungkinkah?

Zaman sekarang ini listrik sudah jadi kebutuhan utama. Secara pribadi, kemana-kemana selalu cari tempat untuk …

Ulasan Film : Marlina – si Pembunuh Dalam 4 Babak

Wajah ketir sosok wanita cantik berbibir pucat pada poster film ini, serasi sekali jika disandingkan …

17 comments

  1. Seru banget ya staycation itu, apalagi rame2 bareng teman. Wiiiw mau lagi deh ke MGH

  2. Waah asik banget Babang..tempat nyaman, wifi kenceng, surganya anak muda!

  3. Kayaknya enak nih, buat menyendiri dn ngerjain tugas kuliah sekaligus melepas penat, apalagi kalo emang fasilitas wifinya bener2 kenceng…

  4. Pantas dicoba juga aneh kayaknya..

  5. Ish mau. Lain kali ajak-ajak ya. Kayaknya seru banget!

  6. Salah satu pilihan yang asik untuk aktifitas seru dengan teman-teman nih…
    Haturnuhun bang…informasinya lengkap pisan.

  7. Waah, tempatnya kelihatan bagus. Asyik banget nih bisa nginap untuk liburan sekaligus kerja. Kapan2 mau ah nginap di sana 😀

  8. Wuiihh, aku baru tau ulasan lengkapnya dari sini nihh. Trnyata guest house tuh bgini tohh.. Aku aja baru tau kata “guest house” pas liat poster yg dikasi kak vira doang :’) pas nyampe depannya aja aku kira, “lah? ini rumah orang bkan nih?” Wkwk. Norak abiz pokoknyah :”’

    Foto2nya bagusss bgt bang! Palagi yg di bunkbed cewek, tuh! Wakakaaa

    Salam kenal, bang ekaa! Baru prtama mampir ke blognya nih. Pdhal biasanya dari blog dlu baru kopdar, ini malah kebalik yak? :’D Seru ihh staycation di MGT kmren! Di sana aku jd kenal bbrp blogger lain lagi sprti bang eka, bang achi, bang ruslan, kak bella! Pankapann kita seru2an di sini lg rame2 yaaah. 😀 Smga Mas Ridwan gak pusing sm kita2 yg hebring. Hihii

    • wah.. makasih dah berkunjung ke laman blog saya… sbg orang baru di dunia ini, saya pun senang pas diajak kemarin. Kenal sama kalian yang seudah lebuh duluan. Makasih dah mau jadi model di blog saya ya.. hehehe… kalau ada acara kabar-kabari ya..

  9. Tempat enak
    Taman asik
    Wifi kenceng
    Harga hemat.

    Lengkap sudah.

    Bang eka, terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *